Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'

Jakarta -

Band asal Surabaya, Padi, sudah lama vakum dari industri musik Tanah Air. Belakangan, mereka memutuskan kembali. Masih dalam rangka kembalinya Padi ke dunia hiburan, mereka menggelar sebuah konser intim yang eksklusif di The Pallas SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018).

Penonton sudah mulai berdatangan pasca Maghrib. Antrean penukaran tiket pun terlihat cukup panjang. Pukul 19.30 WIB, ketika pintu dibuka, benar saja para penonton yang memenuhi The Pallas bisa dikatakan ramai.

Pantauan detikHOT, nyaris tidak ada penonton remaja di konser semalam. Hal tersebut tidak mengherankan, sebab band yang beranggotakan Ari (gitar), Fadly (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar) tersebut memang telah lama hiatus, sehingga pendengar musik belia justru bisa jadi belum tahu siapa itu Padi.

Hanya saja konser semalam dipenuhi oleh para penggemar setia yang tampak tak sabar ingin menjadi saksi kembalinya band idola yang telah lama tidak tampil. Kerinduan penonton semakin terlihat saat sebuah video yang menayangkan sejumlah penyanyi -- mulai dari Donnie eks Ada Band hingga Radhini -- menyanyikan lagu-lagu Padi. Penonton serentak ikut bernyanyi seolah untuk memanggil Padi agar lekas naik panggung.

Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'Foto: Konser Padi (Saras/detikhot)


Sebelum tampil, panggung Padi ditutupi oleh sebuah layar berwarna putih. Tiba-tiba saja sebuah intro terdengar, layar pun diturunkan. Para personel Padi sudah ada di panggung mengenakan pakaian serba hitam, mereka pun segera membuka konser dengan lagu 'Sang Penghibur' pada pukul 20.30 WIB.

Serentak penonton langsung merapat ke depan panggung. Malam itu, panggung tempat Padi menggelar pertunjukannya tidaklah tinggi sehingga penonton bisa merasakan berada dekat dengan band idolanya tersebut.

Nyatanya benar, seisi ruangan tampaknya telah rindu untuk menonton penampilan Padi. Para penonton yang hadir tampak tak putus-putusnya ikut bernyanyi dengan sesekali memanggil nama para personel sambil mengangkat tangannya.

Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'Foto: Konser Padi (Saras/detikhot)


Mereka pun melanjutkan penampilannya dengan lagu 'Lingkaran', 'Perjalanan Ini', 'Mahadewi', serta 'Seperti Kekasihku'.

"10 tahun kami vakum, hampir tidak percaya kini kami bisa bergabung kembali. Pada saat kami berlima lemah, Sobat Padi (sebutan untuk fans Padi) lah yang selalu memberi semangat bahwa kami masih bisa menghibur kalian. Kalian lah pahlawan kami," ujar Fadly kemudian membawakan 'Begitu Indah'.

Lagu 'Begitu Indah' pun segera dilanjutkan dengan nomor romantis lainnya dari Padi, yakni 'Ternyata Cinta'. Sebuah lagu dari album pertama berjudul 'Di Sini Tanpamu' pun dibawakan. Sebelumnya, Fadly berujar, "Kita semangat lagi yah, ini lagu dari album pertama."

Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'Foto: Konser Padi (Saras/detikhot)


Lampu panggung padam sejenak. Tak lama kemudian Piyu tampak telah berada di atas panggung mengenakan kemeja warna putih dan rompi warna cokat.

"Bertahun-tahun telah menempa kita semua, kita menyadari bahwa komitmen tanpa keikhlasan adalah sia-siap dan keikhlasan tanpa komitmen adalah percuma. Sekarang kami kembali, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bahwa komitmen adalah sesuatu yang penting," kata Piyu membuat suasana terasa haru.

"Kami, para personel Padi, memang memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, perbedaan itu yang membuat saya semakin sayang dengan teman-teman satu band saya," sambungnya.

Piyu lalu bercerita bagaimana karakter para personel Padi di matanya. Rupanya cerita menjadi awal dari dimainkannya lagu 'Harmoni'. Di tengah lagu, para personel Padi lainnya kemudian bergabung, mereka telah berganti pakian dan mengenakan baju berwarna putih.

Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'Foto: Konser Padi (Saras/detikhot)


Usai lagi 'Kasih Tak Sampai' dibawakan, kejutan pun hadir di panggung malam hari itu. Rossa masuk ikut bergabung dan menyanyikan lagu 'Rapuh'.

"Sudah lama saya menantikan Padi untuk kembali, luar biasa untuk Sobat Padi yang menanti sekian lama, hari ini The Pallas benar-benar penuh," ungkap Rossa di atas panggung.

Mantan istri dari drummer Padi, Yoyo, tersebut rupanya tidak hanya membawakan satu lagu, ia juga memainkan lagu 'Semua Tak Sama'. "Ini adalah lagu Padi yang sangat saya sukai," ujarnya.

Selepas Rossa turun panggung, Padi kembali memainkan sejumlah lagu, di antaranya 'Bayangkanlah' dan 'Tempat Terakhir'.

Piyu kembali bercerita mengenai cerita tentang seorang Sobat Padi yang menjalani hubungan jarak jauh. Kekasih dari sang penggemar tersebut lalu mengirimkan lagu 'Menanti Sebuah Jawaban' sebagai bentuk curahan perasaan karena tak kunjung dilamar.

Setelah berbagi cerita kepada penonton, lagu 'Menanti Sebuah Jawaban' pun benar-benar dibawakan. Dilanjutkan dengan lagu 'Sesuatu Yang Indah'.

Konser Padi tadi malam juga dihiasi sejumlah permainan solo para personelnya. Penampilan gitar solo Ari, Rindra dan Yoyo yang bermain bass dan drum bersahut-sahutan, dan yang terakhir Piyu dengan membawakan lagu tema dari film 'Godfather'. Piyu bahkan juga sempat membawakan gitar dengan senar 12 di beberapa lagu.

Malam tersebut ditutup dengan klimaks oleh lagu 'Sobat' yang membuat lantai The Pallas benar-benar terasa bergetar. Sebab lagu tersebut tidak hanya sukses membuat penonton ikut bernyanyi, namun juga ikut melompat.

Di akhir lagu, Fadly membacakan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mengatakan bahwa 2,5% dari penjualan tiket tersebut akan disumbangkan.

"Besok kita harus kembali lagi ke kehidupan kita semuanya, semoga semuanya sukses dan makin bahagia di 2018. Kita akan bertemu lagi!" tutur Fadly. Hujan confetti yang cukup panjang pun turut menutup konser semalam.

Tampaknya semua pulang dengan hati riang. Sampai jumpa lagi di panggung-panggung berikutnya, Padi!


(srs/doc)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9

0 Response to "Intimnya Konser Padi yang 'Terlahir Kembali'"

Posting Komentar