Seruan Damai Iga Massardi #KitaBisaDamai

Jakarta - Musisi sekaligus vokalis Iga Massardi menyampaikan seruan untuk damai melalui lagu 'Hagia' yang terdapat di dalam album perdana Barasuara yang berjudul 'Taifun'. "Lagu itu antara kemarahan dan harapan juga," ungkap Iga.

Lagu yang ia buat antara tahun 2012 dan 2013 itu merupakan seruan agar antarumat beragama dapat hidup dengan damai dan berdampingan.

"Agama itu adalah hal yang sangat personal. Kita nggak bisa bilang elo lebih baik dari gue, bahkan akan lebih buruk lagi kalau gue bisa bilang lo lebih buruk daripada gue," ujarnya saat berbincang dengan detikHOT.

Baginya, Indonesia adalah negara kesatuan yang di dalamnya terdapat berbagai macam suku dan agama. Ia pun berpendapat, perbedaan tersebut seharusnya tidak menjadi masalah dan alasan untuk saling menyebarkan kebencian. Sebaliknya, bagi Iga, perbedaan harus dirayakan bersama-sama.

"Sebetulnya kita nggak perlu mengkebiri satu sama lain atas nama perbedaan, atas nama kepercayaan, tapi kita justru harus merayakan perbedaan itu sendiri," katanya.

Ia pun menambahkan, "Karena Indonesia ini kan, di bawah kaki sang garuda itu, ada Bhinneka Tunggal Ika. Itu harus jadi suatu hal yang harus kita pahami betul. Satu hal yang kita rayakan bersama-sama tentang perbedaan."

Iga pun yakin bahwa semua agama dan kepercayaan pastinya mengajarkan kebaikan dan mengajarkan umatnya untuk berdamai. "Gue bukan orang yang paham betul soal agama, cuma apapun ajarannya, gue yakin tidak pernah ada itikad dalam sebuah ajaran agama untuk bisa menyakiti orang, itu sih paling penting," tegasnya.

(srs/mmu)

0 Response to "Seruan Damai Iga Massardi #KitaBisaDamai"

Posting Komentar