Oscar Lolang dan Album Filosofisnya

Jakarta - Penyanyi folk Oscar Lolang merilis album perdananya berjudul 'Drowning in A Shallow Water' hari ini, Jumat (15/9/2017). Untuk merayakan dirilisnya album tersebut, nanti malam akan diadakan pesta rilis yang bertempat di Toko Misteri, Blok M, Jakarta Selatan.

Berbicara soal albumnya, Oscar Lolang mengerjakannya selama kurang lebih satu tahun. Di sela-sela pengerjaan albumnya, ia merilis sebuah mini album berisikan tiga lagu berjudul 'Epilogue'.

Berbeda dengan mini albumnya, penyanyi pelantun lagu 'Eastern Man' ini mendefinisikan albumnya lebih marah, menyedihkan, dan sedikit gelap. Meski begitu, ia mengangkat topik yang beda-beda dalam albumnya ini.

Ada penjelasan filosifis yang Oscar Lolang lontarkan mengenai albumnya tersebut.

Oscar Lolang dan Album FilosofisnyaFoto: Dok. Oscar Lolang

"Sebenarnya, judul album ini menggambarkan diri saya sendiri. Jika saya ibaratkan dunia ini adalah lautan luas, ada yang permukaannya dalam, ada palung, ada yang cetek. Saya berada pada bagian cetek, tapi saya tetap tenggelam. Di permukaan yang dangkal itu sebenarnya saya lebih leluasa melakukan dan memikirkan banyak hal untuk saya mampu berdiri tegak, tetapi pada kenyataannya saya tidak bisa," ungkapnya.

"Penyebab tenggelam itu banyak, bisa karena saya lemah dan tidak mampu berenang, bisa karena saya menenggelamkan diri, atau bisa pula karena dibuat tenggelam. Pokoknya saya sering sekali berada di situasi itu. Hal ini juga bisa dirasakan oleh semua orang, terlebih mengacu ke cerita pada lagu-lagu di album ini," katanya lagi kepada detikHOT.

Kendati mengatakan albumnya lebih marah dari mini albumnya, penyanyi yang banyak mendapat pengaruh dari Nick Drake dan Bob Dylan ini mengaku tidak pernah sengaja melakukannya. Baginya, lagu adalah mediumnya untuk mencurahkan kegelisahannya.

"Jadi sebenernya lagu-lagu yang direkam berakar pada keresahan saya meluhat berbagai gejala. Kalau soal emosi sih, itu yang keluarnya aja kaya gitu," tutur Oscar Lolang lagi.

Ia juga mengatakan, materi dalam albumnya tersebut sebenarnya telah ia kumpulkan dari rentang waktu 2015 hingga 2016. Lagu yang masuk ke album pun melalui proses kurasi.

Berikut daftar lagu dalam album 'Drowning in A Shallow Water':

1. The Rain Was-A Falling Hard In Vain
2. A Bosnian And A Brazilian
3. Unwanted Temple
4. Mr. Othar's Vacation Blues
5. Eastern Man
6. Yellow Moon
7. Clouds Of Jakarta
8. Green Man
9. Travel'n
10. Kumbaya (Live)

(srs/doc)

0 Response to "Oscar Lolang dan Album Filosofisnya"

Posting Komentar