Childish Gambino Banjir Pujian lewat 'This Is America'

Jakarta - Donald McKinley Glover Jr. atau Childish Gambino tengah menuai berbagai pujian dan kritik bernada positif atas video klip dari single terbarunya 'This Is America'.

Video yang disutradarai oleh Hiro Murai yang juga telah membantunya dalam acara televisi 'Atlanta', Donald Glover tampak bertelanjang dada dan menari di tengah kekacauan.

Ia juga tampak menembak sekelompok paduan suara yang terdiri dari penyanyi kulit hitam lalu melanjutkan tariannya dalam video berdurasi 4 menit 4 detik tersebut.

Salah satu yang terang-terangan memberikan pujian adalah penyanyi Adele. Di sebuah foto yang diunggah pada akun Instagram-nya, pelantun lagu 'All I Ask' tersebut menuliskan, "Ps Childish Gambino bagaimana mungin kamu mempunyai waktu untuk memberikan kita begitu banyak hal menabjukan dalam banyak bentuk. Aku mengagumimu x."

Situs berita Vulture mengulas, video klip dari 'This Is Amerika' seakan mencoba mengingatkan kembali Amerika Serikat selama ini menamakan dirinya sebagai negara dengan keragaman namun juga sekaligus negara dimana diskriminasi kerap terjadi.

"Sangatlah menarik untuk 'membaca' video "This Is America", yang disutradarai oleh sutradara Jepang-Amerika (Hiro Murai, yang juga menggarap 'Atlanta') dan datang dari orang kulit hitam dan suara kaum kulit hitam, tak hanya sebagai upaya untuk menyatakan kembali alternatif (dari keberagaman di Amerika), tetapi juga seakan 'membaca' dilema yang dirasakan Murai dan Glover secara benderang yang telah dengan hati-hati ditorehkan ke dalam penggambaran visi (dalam video) mereka," tulis Vulture.

Menurut sang sutradara, ketika bekerja sama dengan Childish Gambino, ia memberika kebebasan kepada sang musisi untuk mengeksplorasi video klipnya. Namun, dalam kolaborasi kaliini, yang ia wujudkan bukan hanya apa yang ada di kepala Childish Gambino, tapi juga apa yang ia pikirkan.

Hiro Murai juga mengatakan ia dan Childish Gambino bekerja sama seperti melakukan percakapan dua arah yang berimbang.

"Dia adalah seorang penulis dengan pemikiran dan pandangan di kepalanya, jadi ia sangat teliti bagaimana ia menuliskan ide-idenya," tuturnya pada Hypebeast dikutip pada Selasa (8/5/2018).

"Saya tidak melakukannya dengan banyak artis. Ketika melakukan ini, saya memberinya ruang untuknya melakukan apa yang ia inginkan dan saya pergi meninggalkannya, dan (setelah ia selesai) saya kembali dan memberikan ide. Namun dengan Childish ini terasa seperti percakapan dua arah," sambungnya.

Hingga berita ini dibuat, video klip 'This Is America' telah ditonton oleh 1,3 juta pasang mata.


(srs/dar)

0 Response to "Childish Gambino Banjir Pujian lewat 'This Is America'"

Posting Komentar