'Cahaya Dalam Sunyi' Buatkan Musik untuk Kaum Tunarungu

Jakarta - Seringkali banyak yang menganggap bahwa orang-orang tunarungu tak dapat menikmati musik. Faktanya, mereka mampu merasakan keberadaan musik lewat getaran yang dihasilkan oleh bebunyian musik.

Akses untuk menikmati musik bagi kaum tunarungu tersebut direalisasikan oleh 3 produser, Archie Wijaya, Rilla Lusiana, dan Ifa Fachir dalam lagu berjudul 'Cahaya Dalam Sunyi'. Lagu bernafaskan religi tersebut berisikan lantunan Takbir Hari Raya.


Proyek tersebut diinisiasi oleh Qur'an Indonesia Project dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebutuhan kaum tunarungu untuk mendapat pengatahuan dan memperdalam agama Islam.

Lirik dari lagu tersebut ditulis oleh Archie dan Rilla, sedangkan Ifa Fachir berperan dalam menulis notasi lagu dan sebagai penata musik.

"Saat itu Qur'an ID mau bikin takbir Hari Raya yang melibatkan teman-teman tuli, dari situ saya pikir, kenapa kita nggak bikin dalam bentuk lagu yang bisa dimasukkan takbiran ke dalamnya," ungkap Ifa Fachir dalam konferensi pers yang digelar di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).

"Ketika menulis lagu ini, saya konsultasi ke Bunda Galuh (Galuh Sukmara, edukator tuli) dan Surya Sahetapy (aktivis tuli), dari mana para teman tuli menikmati musik. Dari situ keyword yang saya tangkap adalah getaran. Ternyata mereka bisa menikmati musik lewat getarannya," katanya lagi.

"Makanya yang saya pertimbangkan dalam membuat arasemennya adalah gimana penabuhannya, low registered bass, dan lain-lainnya agar lebih kerasa getarannya," imbuhnya.

Ada total 33 penyanyi dan musisi yang terlibat menyanyikan lagu 'Cahaya Dalam Sunyi' mereka adalah Afgan, Alika Islamadina, Andien, Armand Maulana, Aura Gutawa, Barsena Bestandhi, Dewi Sandra, Dira Sugandi, Gita Gutawa, Handy 'Soulvibe', Hedi Yunus.

Keempat personel Hivi! juga ikut terlibat dalam proyek ini bersama dengan Ify Alyssa, Indra Aziz, Jeane Phialsa, Kunto Aji, Qip Choir, Radhini, Raisa.

Selain itu, ketiga personel RAN adapula Rossa, Syakir Daulay, Tompi, Tulus, Vadi Akbar, Widi Mulia, dan Yura Yunita.


Tidak hanya bernyanyi, Indra Azis juga berperan sebagai penata vokal dan Barry Maheswara menjadi produser pendamping.

Menurut para musisi pendukung proyek ini, 'Cahaya Dalam Sunyi' adalah sebuah proyek yang menguras emosi. Salah satunya penyanyi Dira Sugandi yang mengatakan banyak menitikan air mata.

"Hidup ini kan tentang mencari apa tujuan hidup ini, ketika ada yang kosong, lewat proyek ini yang kosong itu jadi terisi," ujar Dira Sugandi.

(srs/nu2)


Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

0 Response to "'Cahaya Dalam Sunyi' Buatkan Musik untuk Kaum Tunarungu"

Posting Komentar