Tanya Jawab Lengkap dengan Anne Marie, Karier hingga soal Indonesia

Jakarta -

Anne Marie bukan pertama kali bertandang ke Jakarta. Sebelumnya, ia sudah pernah menyambangi Tanah Air untuk menyapa penggemarnya.

Meski demikian, Anne Marie mengaku selalu punya alasan untuk kembali ke Indonesia.

Sesaat sebelum tampil di Spotify on Stage di Kemayoran, Jakarta Pusat, detikHOT mendapat kesempatan untuk berbincang dengan pelantun '2002' tersebut. Dalam obrolan tersebut, penyanyi asal Inggris tersebut mengungkapkan alasan mengapa ia menyukai Indonesia.

Dirinya juga membeberkan rencana album berikutnya hingga berkisah tentang awal kariernya.

Berikut rangkuman percakapan detikHOT dengan Anne Marie.

Hai Anne, kamu kembali lagi ke sini. Apa yang membuatmu menyukai Indonesia?

Semuanya! Aku merasa semua yang kutemui, entah fans atau orangorang, sangat ramah dan hangat. Aku suka konser di sini. Aku tak sabar ingin tampil di acara ini.

Bagaimana makanannya, apa kamu pernah mencoba makanan Indonesia?

Ya, aku suka makanan. Ke mana pun aku pergi aku suka mencoba makanan. Tapi aku vegetarian, jadi aku agak memilih-milih makanan, tapi jika diberi (makanan lokal) dan sesuai aku pasti akan coba.

Lagumu begitu popular di Indonesia, bagaimana kamu melihatnya?

Aku senang sekali. Ini terasa gila sekali bahwa musikku bisa terbang jauh dari London. Ketika lagu laguku masuk ke tangga lagu di sini, aku benar-benar tidak percaya.

Apa semua sudah kamu rencanakan?

Tidak. Semua itu tidak bisa direncanakan. Sangat tidak mungkin mengatur orang-orang untuk suka pada karyamu. Agak aneh jika ada orang yang berpikir, 'Aku akan menjadi orang terkenal,' padahal kenyataannya, tidak ada yang mengenalimu.

Menurutku, yang terpenting adalah membuat musik yang bagus dan berharap ada orang yang menyukainya. Bila orang-orang menyukainya, itu bonus.

Lagu apa yang paling kamu suka di album?

Pertanyaan yang sulit. Aku suka semua lagu di albumku karena semua lagu sangat personal dan berangkat dari pengalamanku dalam hidup dengan berbagai emosi yang tercampur di dalamnya.

Mungkin lagu 'Perfect' sepertinya menjadi salah satu yang paling aku suka karena aku rasa, musik yang baik bisa membuat orang lain merasa senang dan lagu itu sepeetinya berhasil membuat banyak orang bahagia.

Dari mana inspirasi menulis lagumu datang?

Bisa dari mana saja. Bisa dari pengalamam pribadi, tempatku berdiam saat itu, bisa dari pengalaman orang lain, bisa dari hal yang kubaca di Twitter, jadi bisa dari mana saja. Otakku selalu berputar untuk menulis lagu lagu berdasarkan berbagai macam hal.

Adakah tantangan yang kamu rasakan dari berada di dunia musik?

Mungkin saat menunggu. Setiap sudah menulis single aku ingin segera merilisnya. Tapi, ada hal-hal yang harus dikerjakan dan aku harus menunggu beberapa saat sebelum bisa benar-benar merilisnya. Aku termasuk orang yang tidak sabaran saat harus menunggu single dirilis.

Lalu, bagainana ceritanya awal mula kamu berkenalan dengan musik?

Saat aku kecil aku suka bernyanyi meski aku tak tahu apakah aku bisa bernyanyi atau tidak, tapi aku sangat suka bernyanyi. Aku pernah belajar teori musik di London dan pelajaran yang kudapat di sana sangat berbeda dari musik pop. Ternyata aku sangat suka berada di atas panggung.

Aku tak punya rencana karier selain menjadi penyanyi, sejak kecil aku tahu aku ingin menjadi penyanyi. Saat beranjak dewasa aku semakin dekat dengan musik, aku juga masuk sekolah musik, lalu bertemu seorang penulis lagu dan aku pun mulai belajar untuk menulis musikku sendiri.

Sejak saat itu aku tahu aku suka bernyanyi, tapi menulis musik sendiri adalah hal yang berbeda. Aku menemukan inspirasi dari mana saja. Sejak kecil aku selalu terinspirasi sosok perempuan di sekelilingku yang kuat dan mampu mendidikku menjadi gadis yang tangguh dari sana aku mau menciptakan lagu yang bisa membuat banyak orang merasa tangguh, bukan hanya perempuan, tapi semua orang.

Kamu kini berkeliling dunia untuk tur, bagaimana menjaga kesehatan?

Untungnya, di semua hotel tempat kami menginap selalu ada fasilitas gym. Itu sangat membantuku menjaga stamina. Aku juga selalu berusaha makan makanan sehat dan berolahraga. Aku kemudian belajar untuk terus berusaha sehat dan terus berusaha untuk bernyanyi dengan baik.

Karena banyak terbang menggunakan pesawat juga tidak baik untuk tubuh. Tapi, aku juga tidak menjauhi ajakan untuk pergi ke pesta di kelab malam.

Apa kamu pernah jatuh sakit saat tur?

Ya, sering sekali aku sakit saat tur. Sangat menyedihkan saat sudah makan-makanan sehat dan berolahraga tapi aku tetap saja sakit. Aku sudah coba minum banyak air putih tapi aku tetap berada di tengah tengah orang banyak yang mungkin sedang tidak sehat.

Ketika aku tur tentu aku akan pergi bersama tim dan saat ada yang batuk, mungkin aku juga bisa batuk. Sangat kacau jika aku sakit ketika tur, aku tak bisa menyanyi dengan baik, aku tak bisa beri pertunjukkan yang terbaik. Karena itu aku berusaha menjaga semuanya agar sakitku tidak terlalu parah.

Album selanjutnya bagiamana? Apakah kamu sudah mempersiapkannya?

Untuk album selanjutnya, bila albumku yang sekarang ('Speak Your Mind') aku menulis semua lagunya di mana saja. Untuk album selanjutnya akan kukerjakan sepenuhnya di London. Prosesnya akan berbeda dan aku pasti bisa lebih fokus dan itu bagus. Akan tetap terasa sangat 'aku banget' dan aku akan tetap berusaha jujur dalam menulis semua lagu.

Kamu banyak berkolaborasi dengan berbagai artis, di antara mereka mana yang paling berkesan?

Hampir semuanya menarik tapi yang paling menarik adalah ketika bekerja sama dengan Marshmello karena aku belum pernah bertemu dengannya dan tidak tahu bagaimana dia.

Tapi ternyata kolaborasi kami sangat menyenangkan. Dia me-remix single pertamaku. Ketika dia di London aku bermaksud menemuinya untuk berterima kasih, ketika kami bertemu, dia memainkan gitarnya dan aku rasa, aku harus membuat lagu. Lagunya tentang friendzone. Entahlah lagu itu yang tiba-tiba menghampiri kepala.

(srs/ken)


0 Response to "Tanya Jawab Lengkap dengan Anne Marie, Karier hingga soal Indonesia"

Posting Komentar